[ARTIKEL] Pengertian Dari Internet Dan Intranet

Pengertian INTERNET dan INTRANET

  
Seringkali kita mendengar istilah "internet" dan "Intranet". Pada dasarnya internet dan internet sama, yakni pada pertukaran/saling tukar menukar File dengan komputer lain, tetapi yang membedakan hanyalah jangkauannya, "internet" menjangkau wilayah yang sangat luas sedangkan "intranet" menjangkau wilayah yang sempit.secara sederhana internet adlah jaringan dari jaringan


Internet (network of network)
Internet adalah kumpulan komputer yang saling berhubungan dlam bentuk jaringan. komputer yang terhubung dengan jaringan internet biasa disebut Host. setiap host dapat saling berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi.Jika dilihat secara teknis , internet atau Interconnected network terdiri atas 2 atau lebih komputer yang membentuk jaringan yang saling berinteraksi serta bertukar informasi
Internet dalam ruang lingkup yang kecil disebut juga sebagai intranet atau internal nework. Selain itu ada juga dikenal dengan istilah Ekstranet. Ekstranet yaitu internet yang berkomunikasi dengan browser dengan menggabungkan ke berbagai  organisasi.





Definisi :
  1. Internet Address adalah sebuah Alamat internet 32 bit untuk mengenali HOST dan NETWORK di internet
  2. ISDN (integrated services Digital network) adalah Metode Standar transmisi data digital melalui jaringan telepon dengan kecepatan tinggi.lebih cepat dari sebuah Modem Biasa
  3. Protokol adlah suatu kesepakatan bagaimana komputer melakukan komunikasi.
Perkembangan Internet

           
Pada awalnya internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika di awal tahun 1960an, melalui Proyek ARPA (advanced research project agency) yang disebut ARPANET.Mereka merekomendasikan Software dan Hardware komputer Berbasis UNIX yang dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tak terhingga melalui saluran telepon.Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan,Keandalan,dan sebearapa besar informasi dapat dipindahkan. Akhirnya, semua standar yg mereka tentukan menjdai cikal bakal untuk mengembangkan Protokol baru yang dikenal hingga saat ini yang bernama TCP/IP. 

 ARPANET dibentuk secara khusus oleh 4 Universitas Besar di Amerika yaitu Stanford Research Institute , University of California di Santa barbara , University of california di Los Angeles , dan University Utah. Mereka membentuk satu jaringan terpadu di Tahun 1969,dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Jumlah komputer yang bergabung dalam ARPANET berjumlah 213 komputer pada tahun 1981 , kemudian di tahun 1986 bertambah menjadi 2.308 komputer dan hmpir 1,5 juta komputer bergabung pada yahun 1993.

Proyek Percobaan tersebut kemudian dilanjutkan Oleh NSF (National Science Foundation) yaitu sebuah lembaga ilmu Pengetahuan. NSF kemudian mengubah nama Jaringan ARPANET menjadi NSFNET yang memiliki backbone kecepatan tinggi dan dihubungkan dengan komputer-komputer yang ada di Universitas dan lembaga penelitian yg tersebar di Amerika.

Agar Dapat lebih Jelas



Berikut sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan internet :

Kelebihan Internet :

·         Untuk sebagian orang internet tidak asing di kalangan pemakai internet atau yang lebih di katakan adalah pencinta teknologi , karena mereka bisa mendapatkan informasi dari berbagai negara
·         Bukan hanya sekedar informasi tetapi dapat menghubungkan orang - orang yang ada di berbagai negara
·         Internet juga digunakan untuk kebutuhan pemerintahan dalam sosial budaya, ekonomi dan yang lain nya
·         Dapat berbagi informasi atau pembelajaran
·         Sebagai alat bantu dalam pengajaran
·         Lebih cepat mengakses berbagi keperluan pendidikan
·         Menghibur anak - anak pra- sekolah
·         Sebagai media alat bantu baca selain buku

Kekurangan Internet : 

·         Memungkinkan dari mengakses internet terdapat virus yang disebar mengganggu data pada komputer
·         Pengaksesan situs - situs yang tidak baik
·         Pencurian data pada komputer atau laptop yang sedang digunakan
Penggunaan internet sebenarnya tergantung pemakai , ketika seharusnya digunakan untuk kebutuhan positif semata yang dapat membantu berbagai pekerjaan , mungkin ada beberapa pengguna atau pemakai internet yang melakukan sesuatu yang buruk sehingga merugikan orang lain .



INTRANET
     Intranet merupakan jaringan informasi intenal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi/perusahaan. Akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut. Intranet biasanya digunakan untuk membagi kalender/ jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak luar. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.
Kelebihan Intranet
Intranet merupakan perkembangan dari teknologi LAN (Local Area Network) yang bersifat konvensional. Teknologi jaringan ini tentu memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki teknologi jaringan pendahulunya, antara lain:
  • User Interface yang menarik dengan menggunakan teknologi berbasi web yang menitikberatkan pada grafis dan multimedia.
  • Memiliki fasilitas-fasilitas layaknya jaringan internet seperti email, FTP, Telnet, Rlogin, SMNP, dll yang dapat mempermudah aktivitas.
  • Tidak kalah dengan internet, intranet juga memiliki banyak aplikasi pendukung seperti search engine, mailing list, newsgroup, dll.
  • Intranet juga mendukung pengolahan basis data dengan menggunakan script program yang universal seperti CGI, Pearl, C, Java, Visual Basic, dll.
  • Mendukung integrasi basis data dan kompatibilitas dengan berbagai macam perangkat lunak yang telah ada seperti FoxPro, Oracle, SQL, dll.
  • Teknologi yang sebelumnya sudah ada di LAN terus diperbaharui seperti database management, distribution system, client server, sharing resources, dll
Nah itulah enam kelebihan yang dimiliki teknologi jaringan intranet dibandingkan dengan teknologi pendahulunya yaitu LAN konvensional. Meskipun demikian intranet hanyalah sebuah teknologi yang tentu memiliki kelemahan-kelemahan.
Kelemahan Intranet
Setelah membahas tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi jaringan intranet, sekalin kita membahas mengenai kelemahan-kelemahannya, antara lain sebagai berikut:
  • Meskipun teknologi intranet lebih murah dibandingkan teknologi jaringan pribadi lainnya, tetap saja diperlukan biaya tak sedikit untuk membangunnya.
  • Penerapan intranet memerlukan faktor pendukung seperti tenaga ahli yang memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk perusahaan.
  • Diperlukan training untuk para karyawan agar dapat menggunakan teknologi intranet secara baik dan benar termasuk fasilitas dan aplikasinya.
  • Kecanggihan intranet tentu berdampak kepada banyak resource yang digunakan sehingga diperlukan biaya lagi untuk membangun server yang handal.
  • Banyak aplikasi intranet yang mengandalkan komunikasi tertulis sehingga dimungkinkan terjadinya salah pengertian (missunderstanding).
  • Isu keamana merupakan concern tersendiri bagi teknologi ini, secanggih apapun teknologinya masih dimungkinkan terjadinya pencurian data.
Sekian Artikel Tentang Pengertian Internet Dan Intranet, Semoga Artikel Ini bermanfaat untuk anda semua dan menambah pengetahuan anda tentang internet dan intranet agar tidak ketinggalan informasi ya ga ??
Thanks guys

Post a Comment